Pages

Subscribe:

Senin, 29 November 2010

Tugas UTS Psikologi

Mata Kuliah : Psikologi Umum
Jur / Smt : Komunikasi / I
Dosen : Mardhiah Rubani, M.Si

1. Menurut arti kata-katanya maka psikologi sering diterjemahkan menjadi ilmu jiwa. Sebenarnya terjemahan tersebut kurang tepat, karena bertitik-tolak dari pandangan dualisme manusia, yang menganggap bahwa manusia itu terdiri dari dua bagian jasmani dan rohani. Apa tanggapan Anda terhadap perbedaan dua pengertian diatas?

2. Yang menjadi obyek daripada psikologi adalah manusia, yakni manusia yang sangat unik dan kompleks. Silahkan Anda jelaskan maksud dua kata yang dihitamkan tersebut. Berikan masing-masing contohnya.

3. Dalam uraian pada pasal dua di atas telah dikatakan bahwa obyek material dari psikologi ialah manusia. Kecuali menjadi obyek psikologi, manusia juga menjadi obyek ilmu-ilmu yang lain. Silahkan Anda paparkan tentang hubungan psikologi dengan ilmu-ilmu lain (seperti: Psikologi dengan antropologi, sosiologi, maupun fisiologi).

4. Ditinjau dari segi objeknya psikologi dapat dibedakan menjadi dua golongan besar, yaitu psikologi yang mempelajari manusia dan psikologi yang mempelajari hewan. Apa yang dapat Anda jelaskan masing-masing objek psikologi tersebut?

5. Bila ditinjau dari beberapa teori psikologi tentang manusia, ada beberapa factor yang mempengaruhi pembentukan perilaku manusia. Berdasarkan pengalaman pribadi Anda, faktor apa saja yang mempengaruhi secara signifikan terhadap perubahan tingkah laku Anda? Jelaskan mengapa?


Selamat Ujian

1 komentar:

Murtadha Habibi mengatakan...

jangan lupa yaa tugasnya di ketik tangan.

Posting Komentar